Kamis, 27 Oktober 2011

KONSEPSI IBD DALAM KESUSASTRAAN


TUGAS (3)
   
  Dalam kesusatraan dapat diperoleh berbagai gubahan yang mengungkapkan tentang nilai budaya yang menjadi komponen penting dalam pengajaran ilmu budaya dasar .
   
  Salah satu bentuk sastra itu adalah puisi dalam rangka pengajaran ilmu budaya dasar tidak akan di arahkan pada tradisi pendidikan dan pengajaran sastra dan apresiasinya yang murni , puisi itu akan di pakai sebagai media dan sekaligus sebagai sumber belajar sesuai dengan tema-tema pokok bahasan yang terdapat dalam ilmu budaya dasar . Apabila dalam proses pengajarannya kelak akan tersntuh juga aspek-aspek literer puisi , hal itu karena memang sangat in herent dengan isi dan latarnya yang relevan dan signifikan dengan tujuan pengajaran ilmu budaya dasar .
   
  Di samping puisi dalam kesusastraan di kenal pula bentuk drama sebagai wujud karya fiksi yang prosais , apabila drama di gunakan sebagai sumber pengajaran ilmu budaya dasar , tentulah bukan suatu hal yang aneh karena dalam batas-batas tertentu unsur-unsur drama , terutama jika drama di lihat sebagai karya sastra dapat di sajikan lewat materi fiksi . Drama pada dasarnya dapat di sikapi sebagai karya pentas dan karya sastra .


  Puisi dan drama sebagai karya sastra di bicarakan berikut ini dalam kaitan dengan konsepsi ilmu budaya dasar yang terdapat di dalamnya .


NPM            : 10511716
Kelas            : 1PA07
Penerbit       : Usaha Nasional Surabaya-Indonesia 
Sumber        : M.HABIB MUSTOPO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar