Kamis, 27 Oktober 2011

PENGERTIAN , TUJUAN , DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

TUGAS  (1)
·        
   Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang di harapkan dapat memberikan Pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan.
   Istilah dalam ilmu budaya dasar di kembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanities yang berasal dari istilah b.inggris ‘’The Humanities’’ . adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusiawi , berbudaya dan halus . dengan mempelajari the humanities diandaikan seorang akan bisa menjadi lebih manusiawi , lebih berbudaya dan lebih halus . secara demikian bisa di katakana bahwa the humanities berkaitan dengan masalah nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya . agar manusia bisa menjadi humanus , mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities di samping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri .
   Dengan perkataan lain dapatlah di katakan bahwa setelah mendapatkan mata kuliah ilmu budaya dasar ini , mahasiswa di harapkan memperlihatkan  :
A.      Minat dan kebiasaan menyelidiki apa-apa yang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya , menelaah apa yang di kerjakan sendiri dan mengapa .
B.      Kesadaran akan pola-pola nilai yang di anutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara hidupnya sehari-hari.
C.      Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang di rasakannya sudah dapat di terimanya dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat di benarkan . 
   Penyajian ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan , dengan demikian jelas bahwa mata kuliah ini tidak di maksudkan untuk mendidik seorang pakar dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk dalam pengetahuan budaya , akan tetapi ilmu budaya dasar semata-semata  sebagai salah satu usaha mengembagkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya , baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya , maupun yang menyangkut dirinya sendiri .
   Acapkali di konstair bahwa dalam masyarakat yang berkabung semakit cepat dan rumit ini , mahasiswa harus mengalami pergeseran nilai-nilai yang mungkin sekali dapat membuatnya masa bodoh atau putus asa , suatu sikap yang tidak selaknya di miliki olehseorang pelajar . bagaimanapun juga mahasiswa adalah orang-prang muda yang sedang mempelajari cara memberikan tanggapan dan penilaian terhadap apa saja yang terjadi atas dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya . sudah barang tentu ia perlu di bimbing untuk menemukan cara terbaik yang sesuai dengan dirinya sendiri tanpa harus mengorbankan masyarakat dan alam sekitarnya . secara tidak langsung ilmu budaya dasar akan membantu mereka untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut .
   Berpijak dari hal di atas , tujuan mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran , khususnya berkenaan dengan kebudayaan , agar daya tangkap , persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih baik dan lebih halus .
  Jika di perinci , maka tujuan ilmu budaya dasar itu adalah  :  Pembentukan dan pengembangan kepribadian serta wawasan perhatian , pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan , khususnya gejala-gejala berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan , agar daya tanggap , persepsi , dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat di perluas.
    Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah di kemukakan tersebut di atas , dua masalah pokok biasa di pakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar , kedua masalah tersebut ialah  :
A.      Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat di dekati dengan menggunakan pengetahuan budaya , baik dari segi masing-masing keahlian di dalam pengetahuan budaya , maupun secara gabungan antar bidang berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya .
B.      Hakekat manusia yang satu atau universal , akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat .
   Menilik kedua masalah pokok yang bisa di kaji dalam mata kuliah ilmu budaya dasar tersebut di atas , nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian , manusia tidak sengaja sebagai subyek akan tetapi sekaligus obyek pengkajian , bagaimana hubungan manusia dengan alam , sesama manusia , dirinya sendiri nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan tuhan menjadi tema sentral dalam ilmu budaya dasar.

NPM              : 10511716
Kelas              : 1PA07
Penerbit          : Usaha Nasional Surabaya-Indonesia
Sumber           : M.HABIB MUSTOPO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar