Kamis, 27 Oktober 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN


TUGAS  (6)

BAGIAN PERTAMA
   
  Bila suatu saat kita dihadapkan pertanyaan ini : “siapakah musuh besarmu ?” , maka jawaban apakah yang akan kita berikan . mungkin kita akan mengatakan peperangan , kejahatan , penyakit , kemelaratan ataupun kelaparan sebagai musuh besar kita . tetapi menurut Dr.Orison Swett Marden dalam bukunya , menindas wasangka dan rasa takut , semua hal diatas meski bagaimanapun hebatnya belumlah boleh kita namakan musuh terbesar manusia , karena menurut ahli ini ada sesuatu yang lebih merupakan musuh utama manusia yaitu RASA TAKUT .
  Gangguan seperti penyakit , bencana kelaparan ataupun peperangan itu tidak setiap hari datangnya pada kita . mereka tidak bisa begitu saja merajalela dan merusak ketentraman hidup manusia . justru rasa takutlah yang setiap saat menghinggapi diri kita . memang bila kita selidiki maka sebenarnya kita justru lebih banyak menderita karena takut gagal , takut merasa sakit dan sebagainya ,  dari pada menderita karena kegagalan atau menderita karena sakit itu sendiri . kita takut pada sesuatu lama sebelum malapetaka itu sendir datang mengganggu kita .
  Memang mengherankan , manusia yang dalam banyak hal sudah dapat menguasai dunia , sebagian besar masih bisa juga dipermainkan rasa takut . mereka tidak menyadari bahwa rasa takut itu datang dari khayalan sendiri . kadangkala demikian kuatnya daya khayal itu merasuk pada diri seorang sehingga dapat menyebabkan gangguan jiwa yang disebut dengan PHOBIA . Perkataan ini berasal dari bahasa yunani yang artinya takut , sedangkan rasa takut itu sendiri merupakan suatu yang sangat perlu kita dalam kehidupan ini .rasa takut atau khawatir membuat kita berhati-hati menyebrang jalan , membuat kita merasa perlu memanggil ambulance jika ada kecelakaan , jadi rasa takut memperingatkan kita setiap adanya bahaya . tetapi phobia adalah rasa takut yang terlalu dibesar-besarkan , dimana sebenarnya tidak ada perlunya .

BAGIAN KEDUA

  Dalam usahanya untuk hidup manusia sering mengalami kegagalan .entah kegagalan dalam belajar , berkarya , bergaul ataupun kegagalan dalam bercinta . dalam menghadapi kegagalan tersebut , tergantung dari manusianya sendiri . ada yang telah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kegagalan tersebut , sehingga orang tersebut tidak terlalu kecewa dengan hasil perbuatannya itu . ia menganggap bahwa kegagalan adalah hal yang wajar dan itu dianggapnya sebagai suatu pengalaman , dan mungkin ia percaya bahwa pengalaman , dan mungkin ia percaya bahwa pengalaman adalah pelajaran yang paling baik di dalam kehidupan ini . dilain pihak , ada yang menganggap bahwa kegagalan itu merupakan pengalaman yang paling pahit dalam hidupnya . ia selalu memikirkan kegagalan tersebut dan ia merasa kecewa dan tidak puas dengan hasil yang telah ia perbuat . dalam keadaan demikian , ia selalu berpikir yang tidak-tidak dan terlalu menurutkan emosinya .
  Dewasa ini sering kita temui orang yang mengalami frustasi .hal ini dapat disebabkan oleh dua faktor , yaitu faktor intern dan faktor extern . faktor intern adalah faktor yang berasal dari diri sendiri , sedangkan faktor extern adalah faktor yang berasal dari lingkungan luar faktor orang itu sendiri . pada umumnya akibat dari frustasi menjurus pada hal-hal yang negatif , dalam arti kata dapat merugikan diri sendiri dan orang lain . untuk mencegah hal-hal seperti itu maka di sini akan di coba untuk menyumbangkan ide-ide ataupun saran-saran yang mungkin dapat membantu orang-orang atau khususnya para remaja yang mengalami frustasi .

BAGIAN KETIGA

  Dari hari ke hari , kita seringkali mendengar atau menyaksikan penderitaan-penderitaan yang dialami oleh sesama umat manusia . penderita-penderita tersebut beranekaragam penyebabnya ada penderitaan yg di karenakan terjadinya bencana alam , seperti gunung meletus , gempa bumi , banjir dan sebagainya . ada pula penderitaan yang terjadi karena musibah , seperti kecelakaan pesawat terbang , kapal laut , kereta api dan sebagainya . di samping itu , juga ada penderitaan yang di karenakan berkecamuknya peperangan , penindasan , perbudakan dan yang semacamnya . juga terdapat penderitaan yang di karenakan kefakiran atau kemiskinan . sebab-sebab lain dari penderitaan sesama manusia , tentu saja masih banyak lagi apabila hendak didaftar satu persatu .
  Aneka macam dan manifestasi penderita yang menimpa umat manusia di muka bumi ini , tentunya tidak arif bijaksana kalau kita tak bersimpati dan berusaha membebaskan mereka dari penderitaan-penderitaan dimaksud . marilah tidak usah jauh-jauh mengambil contoh atau ilustrasi . kalau kita berjalan-jalan di tempat-tempat perbelanjaan misalnya , apakah di pusat-pusat pertokoan , niscaya banyak kita jumpai pengemis , yang seringkali terlihat amat memilukan hati .

NPM            : 10511716
Kelas            : 1PA07
Penerbit        : Usaha Nasional Surabay-Indonesia
Suumber       : M.HABIB MUSTOPO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar